Jun 26, 2009

AKSES PONSEL – PC SAMA-SAMA GAMPANG

Computer dan ponsel ibarat Romeo dan Juliet, keduanya pasangan sejoli yang saling melengkapi. Untuk itu para pabrikan sudah sejak lama mengenalkan fitur sinkronisasi antara computer dan ponsel supaya lebih berdaya-guna.

Bahkan sekarang pun Anda bisa mengakses computer dari mana saja dan kapan saja. Asyiknya lagi, Anda tak membutuhkan ponsel yang mahal, cukup yang menjalankan aplikasi Java dan support akses internet (GPRS/3G).

Adalah RDM+, aplikasi yang memungkinkan Anda mengakses isi computer dari ponsel via jaringan internet. Disini ponsel Anda dapat mengontrol menu computer dari jarak jauh.

Cara kerja RDM+ sukup sederhana. Computer Anda akan dihubungkan ke server via internet. Selanjutnya, Anda dapat mengaksesnya lewat ponsel atau computer lainnya.

Soal keamanan, RDM+ sudah menjaminnya dengan menerapkan enkripsi 3DES algoritma 28-bits pada setiap data yang ditransfer. Bahkan katanya, RDM server sendiri tak bisa men-descrypt data tersebut dan tak bisa juga mengambil akun computer lain.

Mau mencoba? Gampang kok, RDM memberi waktu tujuh hari untuk masa percobaan. Berikut caranya.

1. Silahkan download aplikasi RDM+ dari http://www.rdmplus.com. Aplikasi RDM+ terbagi dua bagian, yakni untuk dipasang di komputer dan ponsel.
2. Pada waktu pemasangan aplikasi di computer, Anda akan diminta memasukkan akun dan password. Silahkan isi dan akun ini nantinya harus dimasukkan ke ponsel Anda.
3. Sekarang masukkan nama dan alamat email Anda sebagai syarat pendaftaran layanan RDM+.
Setelah itu akan muncul jendela yang memberitahukan pemasangan video hook driver dan jangan kaget jika layar monitor Anda akan berkedip sesaat.
Pemasangan aplikasi di computer selesai dan Anda akan mendapatkan nomor computer Anda. Nah nomor tersebut nanti akan diset di aplikasi klien yang dipasang di ponsel.
4. sekarang bagian memasang aplikasi di ponsel. Aplikasi ini berbasis Java dan bisa digunakan untuk bermacam tipe dan merek. Selain Java, ada juga aplikasi untuk BlackBerry dan Windows Mobile. Untuk mendapatkannya bisa lewat WAP di alamat http://wap.rdmplus.com. Setelah dipasang, lalu aktifkan.


Karena kita mencoba, pilih mode “Try” dan apabila ada permintaan untuk diijinkan menggunakan jaringan internet, pilih “Ya”.
5. Berikutnya kita masukkan nomor computer dan akun kita caranya dari menu “Pilihan”, pilih “New Address”.
Pilih profil yang baru dibuat tadi lalu masuk ke menu “Pilihan” dan klik “Connect”.
6. Saatnya mencoba RDM+ untuk mengakses file computer kita. Nah tekan menu atau tombol tengah, pilih “File Manager” (pada HP).
7. Setelah itu akan tampil folder-folder, kemudian samakan folder di hp Anda dengan computer Anda. Apakah sama?... Biar Anda tak penasaran bisa langsung mencoba membuka salah satu folder tersebut dan Anda lihat hasilnya.

Aplikasi Lainnya
Selain RDM+, ada dua aplikasi lainnya yang berfitur sama misalnya RemoteKOMPUTER dan JM2KOMPUTER. Selain mengendalikan computer lewat Internet, dua aplikasi juga bisa memanfaatkan jaringan Bluetooth untuk mengakses menu di computer. Fitur lainnya kurang lebih sama dengan RDM+.

Mengontrol Ponsel Dari Komputer
Aplikasi remotr tidak hanya tersedia untuk mengendalikan computer lewat ponsel tapi juga sebaliknya, mengendalikan ponsel lewat computer. Salah satu aplikasinya adalah Smart Remote.

Aplikasi Symbian S60 buatan Rock Your Mobile ini memiliki dua file installer. Satu diinstal di ponsel, satunya lagi di computer, etak jauh beda dengan aplikasi remote lainnya.

Tampilan Smart Remote di kompie terdiri dari dua layar. Di sisi kiri mewakili resolusi asli ponsel dan sedangkan layar kanan sebagai zoom dari layar aslinya. Beberapa tombol hadir untuk menjalankan fungsi screenshot maupun perekan video.

Smart Remote juga memiliki fitur untuk melakukan input teks. Penulisan SMS bisa dilakukan dari sini. Tulis teks, lalu klik “send” dan teks akan berpindah ke layar ponsel.

Banyak fungsi lain yang bisa digali. Dengan system yang pintar, Anda pun bisa menggunakannya untuk menangkap gambar layar ponsel. Bahkan merekan proses keluar-masuk menu, ke dalam bentuk video berformat dat.

Keep going dan Selamat mencoba!

No comments: