Jun 26, 2009

Teknik Affiliate Marketing: "14 kesalahan website yang membuat spider search engine takut!"

Berikut ini adalah 14 kesalahan webmaster dalam mendesaian websitenya, apakah affiliate maupun online store website yang harus dihindari agar website anda spider friendly:

1. Kesalahan memilih keywords.
Salah memilih keyword adalah "bunuh diri", jika anda ingin memilih keywords yang tepat, anda harus mempertimbangkan 3 hal:

a. Dalam awal mencari keywords, maka gunakan frase awal dalam research dengan tools apa saja yang anda pilih. misal, anda mau berbisnis affiliate atau online Hand Phone, maka ambil frase kata merek awal hand phone yang anda mau bisniskan, misalnya nokia, maka lakukan research awal keywords nokia, setelah dilakukan research, maka ditemukan bahwa banyak padanan kata nokia, seperti nokia n92, baterai nokia, nokia accessories, dll. cari top 10 keywords padanan nokia tersebut di hasil queries tool tersebut, cari yang sedikit page penyedianya (relatif) dengan jumlah pencarinya.
b. Cari keywords yang banyak diminati dalam topik tertentu yang anda pilih dan anda paham dengannya.
c. Frase keywords yang anda optimisasikan di halaman website anda harus relevan atau related dengan produk anda. jika website anda menjual atau mempromosikan hp, jangan mengoptimasi halaman web anda dengan keywords berhubungan dengan laptop,spider akan sangat marah pada anda jika mereka menemukan anda melakukan spamming dengan cara demikian.

2. Kebanyakan keyword pada meta tag description, content, keywords.
Optimisasikan satu halaman webpage dengan satu keyword utama, dan beberapa keywords rinci yang masih berhubungan dengan keyword utama. misal, nokia n92 adalah keyword utama, maka keyword cabangnya adalah baterai nokia n92, baterai xxx nokia n92, dan sebagainya untuk halaman ini saja, dan keywords lainnya untuk halaman lainnya. ingat! intinya satu keyword utama dan keywords relevan, dan keywords relevan ini harus berhubungan dengan satu bagian, misalnya baterai, maka baterai itu harus dipasangkan keyword lain dan keyword utama, jangan memasukkan aksesoris nokia n92 di page itu juga, masukkan keyword aksesoris nokia n92, di page lainnya. mengertikan!!!

3. Menggunakan keyword yang sama terlalu banyak.
Jangan mengulang-ngulang keywords yang sama pada bagian body html, anda lakukan sekali saja, anda tidak akan diindeks selamanya dengan search engine manapun.

4. Banyak doorway pages serupa untuk berbagai search engine.
Anda bisa terus selamanya menggunakan taktik ini, dengan cara mengakomodasi semua bagian dari algoritma semua search engine di doorway pages anda, caranya dengan membuat content yang search engine algorithm centric pages, jadi kalau search engine merubah algoritmanya yang satu atau dua atau tiga, masih banyak sisi-sisi di pages itu yang mendukung algoritma search engine yang lainnya. untuk pembahasan lebih lanjut, akan saya bahas di posting khusus berikutnya.

5. Menggunakan warna teks (hidden text) yang sama dengan warna background dengan menyisipkan keyword di situ.
Teknik bodoh ini sudah nggak zaman dan nggak bisa lama nangkring di search engine front page (rangking 1-20), bisa-bisa website yang menggunakan teknik ini hilang dari peredaran, ingat film 21 "jimmy got job at google" google sangat serius dalam merekrut staffnya.

6. Halaman website hanya berisi gambar, banner, dan flash stuff
Jangan berbuat seperti ini, memang, kalau untuk homepage yang doorway pagesnya banyak dan sudah sukses menarik ribuan traffic, tidak apa-apa toh website ini sudah populer dan sudah mendapatkan incoming customers, tapi untuk pemula, jangan coba-coba, anda akan habis waktu sia-sia tanpa mendapatkan website anda nangkring di SE frontpage, atau bahkan tidak diindeks.

Tapi kalau anda emang maniak gambar, gunakan alt-text ( akan saya bahas di kategori teknik html sederhana)

7. Tidak menggunakan tag no-frames jika menggunakan frames (akan saya bahas di kategori yang sama dengan no.6

8. Menggunakan page cloacking, lihat kategori terminologi.

9. Menggunakan automatic submission (pendaftaran situs anda di listing indeks Search engine)
Lakukan submit di search engine satu-satu, jangan sekaligus, search engine (google) tidak suka.

10. Mendaftarkan terlalu banyak webpages di search engine dalam satu hari.
Solusinya:
Daftarkanlah satu doorway pages, jangan homepage, karena homepage terlalu banyak keyword bermain-main disitu, submit satu webpage yang berisi satu keyword atau satu topik tertentu. daftarkanlah 1 doorway page untuk satu search engine dalam 1 hari, dan daftarkan 1 doorway pages lain yang berbeda keyword, topik, dan nama ekstensi page html/php/lainnya di search engine lainnya, lakukan maksimal di 5 search engine utama sehari, dan jangan lebih. anda akan melihat dalam waktu tiga bulan traffic website anda akan meningkat dalam jumlah yang signifikan.

11. Terlalu messed up dengan search engine.
Gunakan bauran marketing terintegrasi lainnya, bisa online maupun offline. online bisa dengan mailing list, mail, dan lainnya selain SEO. untuk offline, bisa dengan marketing mix lainnya.

12. Frame
Jika situs anda menggunakan frame, gunakan teknik pembuatan frame dengan googling atau datangi http://www.webreference.com/dev/frames/

13. Downtime
Solusi: cari webhosting yang selalu online dan sudah teruji tidak pernah down server atau system down.

14. Tidak ada file logs
File logs adalah file yang ada di server website anda yang memberi tahu spider bahwa website anda bisa dicapai dengan mengetikkan keywords tertentu. jika tidak ada file logs, maka spider tidak mudah mencari website anda. solusi: cari webhosting yang menyediakan file logs untuk situs pencari dan untuk anda.

Disarikan dengan banyak tambahan dari buku Google is My Salesman, Penulis: Bob Julius Onggo.


FREE WEBHOSTING WITHOUT BANNER AND ADS!!!!

Sebuah Webhosting gratis dengan kapasitas penyimpanan dan transfer data dalam jumlah besar dan memiliki fasilitas fantastico autoinstaller dan website builder serta free website domain dengan convenient adminis tration tools (control panel).



No comments: