Jan 11, 2019

AIR "ZAM-ZAM" BERACUN!!!

AIR "ZAM-ZAM" DI INGGRIS PALSU??


Air Zam zam yang sudah terkenal di dunia dan sering dikaitkan dengan oleh-oleh saat pulang dari haji, di Inggris justru menjadi masalah. Menurut investigasi BBC, air botolan yang diaku sebagai air Zamzam yang dijual di tiga toko buku di Inggris ditemukan terkontaminasi arsenik. Air 'zamzam' botolan itu ditemukan di London selatan dan barat, dan juga di Luton. Kemudian, air 'zam zam' itu dibawa ke Association of Public Analysts atau asosiasi analis publik, lembaga yang berwenang memastikan kemurnian bahan. Ternyata benar, menurut ketua asosiasi, Dr. Duncan Campbell, air tersebut tidak layak untuk diminum.

"Air itu beracun, terutama karena tingginya tingkat arsenik, yakni karsinogen (bahan penyebab kanker)," tambah dia, seperti dimuat situs Arab News.

Ekspor air Zamzam tidak diperbolehkan oleh pemerintah Arab Saudi. Namun, peziarah atau jemaah haji dari luar negeri diijinkan untuk mengambil dalam jumlah terbatas untuk pribadi atau diberikan pada keluarga dan kerabat. Air disediakan gratis untuk peziarah dan bukan merupakan produk komersial. Karena tidak dapat diekspor, penjualan air yang diaku Zamzam di seluruh dunia harus dipertanyakan.

Dalam insiden terbaru di Inggris, BBC mengatakan, tiga toko buku yang menjual Zamzam telah menolak untuk mengungkapkan bagaimana mereka telah memperoleh air yang diyakini berkhasiat itu. Botol-botol air 'Zamzam' palsu telah disingkirkan dari rak.

Di Inggris, tidak ilegal untuk menjual air Zamzam, tapi menjual barang-barang berlabel palsu dapat mengakibatkan denda dengan nilai sampai tak terbatas. Bahkan hukuman pidana dua tahun penjara. Menjual barang yang tidak aman juga terancam dihukum.


No comments: