Jun 26, 2009

AKSES FACEBOOK, CHATTING DAN VOIP LEWAT SATU APLIKASI

Anda masih mencari aplikasi chatting, sekaligus akses ke Facebook atau Twitter? Memang, kebanyakan aplikasi yang beredar hanya menawarkan pilihan untuk chatting saja atau blogging saja.

Sementara, yang telah menggabungkan antara chat dan unsure blog terbilang masih minim. Kalau pun ada, itu hanya sebatas client. Ujung-ujungnya, Anda akan tetap dibawa untuk mengakses portal tersebut, tapi dalam format mobile.

Nah, untuk sekedar mencoba, ada satu aplikasi menarik yang tah hanya menawarkan layanan chatting, tapi bisa juga untuk memantau profile Facebook rekan Anda. Bahkan, aplikasi yang bernama “mConnected” ini juga memberikan sarana komunikasi murah via SMS dan VoIP call, termasuk kemampuannya untuk melakukan backup phonebook ponsel ke server mConnected.

Dengan kata lain, mConnected merupakan aplikasi segala ada. Basis platformnya pun mendukung semua ponsel yang support Java (J2ME), dan juga membutuhkan koneksi internet ponsel (GPRS/3G). anda yang penasaran ingin menjajalnya, bisa mengikuti langkah berikut:

Langkah 1
Download aplikasi mConnected dari portal resminya di http://www.mconnected.com/index.html atau http://www.getjar.com/products/25384/mConnectedSuite, bisa juga langsung dari ponsel dengan mengetikkan wap.getjar.com > Quick Download, selanjutnya masukkan kode download yang sesuai dengan tipe ponsel. Ikuti deh proses instalasinya ke ponsel.

Langkah 2
Sebelum mulai, lakukan proses registrasi akun. Di tampilan utama, pilih “Sign Up”. Berikutnya, Anda diminta mengisikan data profile. Setelah oke, profile Anda akan dikoneksikan dan disimpan di database mConnected.

Langkah 3
Nah, setelah terkoneksi via jaringan GPRS/3G ponsel, Anda akan menjumpai deretan menu utama yang terdiri dari fasilitas chatting, SMS, VoIP call dan sebagainya. Ini lah fitur utama yang ditawarkan mConnected. Anda juga bisa mengakses profile facebook dan Twitter dari aplikasi ini.

Langkah 4
Untuk Facebook, pilih “More” => “Configure SNS”, pilih “Facebook”. Masukkan user id, password dan klik “activate” => “Add”. Secara otomatis, Anda akan mendapat link pemberitahuan untuk mengaktifkan aplikasi mConnected yang ada di akun Facebook via email.

Langkah 5
Setelah proses di atas berhasil, Anda sudah bisa memantau rekan-rekan Facebook lewat aplikasi mConnected. Tinggal masuk ke tampilan utama mConnected => Menu => Refresh.

Langkah 6
Sekarang untuk menikamati chatting. Lakukan pengaturan akun IM yang Anda miliki, bisa Yahoo! Messenger, Google Talk, MSN maupun QQ. Pilih menu “Chat” => “Options” => “Services” => “Add”. Selanjutnya masukkan username dan password IM => Pilih client messenger => Optin => Add.

Langkah 7
Saat Anda mengakses menu Chat, secara otomatis akun rekan-rekan chat Anda akan tertampil. Sementara, untuk melakukan percakapan Anda tinggal memilih rekan chat. Di fitur chat yang ditawarkan mConnected, Anda juga bisa melakukan konferensi dengan lebih dari satu rekan chat.

Langkah 8
Selain dua layanan di atas, mConnected juga menawarkan layanan SMS gratis serta VoIP. Untuk menikmatinya, Anda harus memiliki credit balance dengan rate yang telah ditentukan oleh pihak mConnected. Tapi, untuk sekedar mencoba Anda bisa memanfaatkan 100 m:Credits yang diberikan secara cuma-cuma saat registrasi, sebagai credit balance untuk SMS.

Caranya, pilih saja menu SMS => Masukkan nomor tujuan dengan format internasional, berikutnya isikan pesan yang ingin Anda kirim => Send.

Untuk VoIP call, isikan nomor telepon tujuan => Beri tanda centang di “Calling from”, bisa nomor Anda atau nomor lain => Menu => VoIP call.

Saying, untuk dua layanan di atas masih belum bisa dinikmati secara maksimal. Karena aplikasinya sendiri masih uji coba alias Beta.

Seru kan…!!!

No comments: