Jun 26, 2009

OPTIMALISASI KONTROL SUARA DI PONSEL MUSIK

Teknologi pengenal suara atau biasa disebut dengan voice recognition software telah dikenal lama di dunia elektronika. Bahkan perkembangannya telah merambah perangkat ponsel dengan beberapa fitur turunan semisal voice dial. Tinggal ngomong, ponsel langsung menghubungi nomor dimaksud.

Fitur ini akan mengenali suara yang dating pada speaker, lalu mengkonversinya menjadi signal digital dan diterima oleh mesin input sebagai sebuah perintah.

Ada beberapa tipe voice recognition yang sudah biasa kita dapatkan di ponsel. Sebagian membutuhkan input suara terlebih dahulu sebagai sample, lalu kita bisa melakukan input suara hanya berdasarkan sample tersebut. Dan sebagian lain langsung mengenali suara kita tanpa memasukkan sample.

Beberapa ponsel musik telah mengadopsi fitur ini untuk keperluan yang lebih “fun”. Semisal salah satu produk XpressMusic Nokia 5320. di ponsel ini ada fitur menarik yang disebut “Say and Play”.

Aplikasi Midomi
Langkah 1
Untuk menikmatinya di ponsel, Anda bisa membuka halaman situs Midomi terlebih dahulu, yang beralamat di http://www.midomi.com/index.php?action=main.mobile , via computer. Atau langsung masuk ke http://m.midomi.com. Lalu mendownload file instalernya dari link yang diberikan di situs tersebut.

Langkah 2
Setelah selesai mendownload, file installer akan meminta persetujuan Anda untuk menginstalnya di dalam ponsel. Lalu proses instalasi akan segera usai. Tutup browser, dan cari aplikasi tersebut di ponsel.

Langkah 3
Buka aplikasi Midomi mobile. Aplikasi akan berusaha terkoneksi dengan internet via jalur data yang tengah Anda gunakan. Setelah didapat koneksi, maka aplikasi sudah bisa digunakan.

Langkah 4
Cari file musik dengan cara klik ikon besar yang ada di tengah, lalu nyanyikan atau senandungkan nada lagu yang Anda cari. Trik ini efektif untuk Anda yang lupa judul lagu, teks dan bahkan penyanyinya. Daripada bingung mencoba semua cd di took musik, cara ini bisa lebih menarik dan fun.

Akurasinya masih belum sempurna. Namun angka 50 persen saja sudah bisa didapat.atau lebarkan kemungkinan tersebut dengan bersenandung lebih lama lagi.

Penggunaan Say and Play
Aplikasi ini tidak bisa didownload dan ditambahkan pada ponsel lain. Sampai saat ini, Nokia baru mengadopsinya di ponsel 5320 XpressMusic. Akurasi fitur ini cukup tinggi bila dipersiapkan dengan baik, bisa mencapai angka 90 persen tergantung tingkat kegaduhan saat Anda menggunakannya. Mau tahu caranya? Ikuti saja beberapa langkah sederhana berikut:

Langkah 1
Pastikan file musik yang Anda masukkan ke dalam ponsel memiliki meta data yang akurat, anda bisa menggunakan aplikasi editor metada semisal Mp3Tag, atau langsung dari media player computer (Winamp, Windows Media Player, iTunes) dengan melakukan edit informasi file lagu, lalu save.

Metadata yang dimaksudkan di sini yaitu informasi mengenai sebuah file mp3. minimal judul lagu dan artis yang menyanyikan harus seakurat mungkin untuk mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik.

Atau, benahi dulu nama file mp3 yang Anda miliki. Hindari file MP3 dengan nama Track01.mp3 dan seterusnya. Ganti namanya menjadi judul lagu atau artis saja.

Langkah 2
Masuk ke pemutar musik. Lalu buka deret lagu berdasarkan informasi metadata. Pada halaman menu musik, buka folder yang spesifik. Dalam contoh ini, saya membuka folder artist. Lalu klik back dan hide.

Langkah 3
Sekarang saatnya mencoba fitur Say and Play. Tekan tombol khusus yang berada dipojok kanan ponsel. Tekan lama hingga ada bunyi “tut”, ucapkan dengan intonasi dan artikulasi yang jelas nama artis yang lagunya ingin Anda dengar, semisal “Andra and The Backbone”. Lakukan ini sebelum tanda waktu yang diwakili gambar balok bergerak mencapai titik maksimum.

Langkah 4
Bila berhasil, system akan memunculkan satu windows berisi beberpa alternatif pencarian. Beberapa nama artis yang mungkin sama akan tertampil di situ. Windows ini hanya akan muncul selama 2 detik lalu hilang dan lagu milik Andra and The Backbone segera dimainkan secara otomatis.

Catatan:
Nokia secara pintar menyiapkan system pengenalan suara berdasarkan bahasa UI yang terinstal di dalamnya. Jadi saat anda meggunakan UI berbahasa Indonesia, Anda bisa melafalkan nama artis dan judul lagu dengan logat Indonesia saja.

Jadi, tidak perlu “sok inggris” atau mendadak jadi Cinta Laura untuk menikmati fitur ini. Untuk pencarian berdasarkan judul lagu, ulangi trik di langkah 2 dengan membuka folder all songs lalu klik back dan hide. Berdasarkan pengalaman, ini adalah cara paling baik untuk meningkatkan akurasi.

Untuk pengguna ponsel yang lebih awam, entah itu bersistem operasi terbuka atau ponsel-ponsel java, bisa menikmati fitur lain yang intinya tetap mengedepankan voice recognition. Fitur ini disebut dengan midomi mobile. Fungsinya adalah untuk menemukan lagu secara online. Baik untuk didengar maupun didownload. Menariknya fitur ini menggunakan senandung nada yang Anda lantunkan untuk mencari file yang tepat. Tertarik?

No comments: