Jun 25, 2009

AKTIVITAS DI DUNIA VIRTUAL DENGAN Web.alive

Pernahkah terjadi pada anda? Saat jam-jam kemacetan, Anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan. Berbelanja misalnya, atau sekedar ‘nongkrong’ di sebuah tempat. Tentu perjalanan dari lokasi Anda berada menuju ke tempat tersebut merupakan perjuangan yang teramat berat. Terlebih bila di saat itu, Anda harus menghadiri sebuah acara lain yang sama pentingnya.

Teknologi virtual 3 dimensi (3D) yang terus berkembang mungkin akan membantu Anda. Dan bukan tidak mungkin di masa depan, Anda bisa berbelanja dan nongkrong di waktu bersamaan atau berada di dua tempat sekaligus dalam satu waktu.

Tanda-tanda ke arah sana sudah bisa dilihat pada fasilitas eLounge yang dimiliki Lenovo. Anda bisa melakukan Windows Shopping, sementara pihak Lenovo membuat pengunjungnya tampil dengan avatar 3 dimensi penuh.

Pertama kali untuk memasuki area toko virtual ini, anda diharuskan menginstal aplikasi clientnya yang bernama Web.alive. setelah aplikasi diinstal, Anda diminta melakukan pengaturan tampilan avatar 3D pribadi. Lengkap dengan nama, sebagai identitas untuk dapat berbicara dengan pelayan atau sesame pengunjung berkat fasilitas ‘chat’ yang tersedia.

Ya, Anda dapat berinteraksi secara aktif dengan ‘customer service’ yang ersebut atau di ruangan virtual bahkan dengan besama pengunjung yang hadir (dibutuhkan mic headset). Tentu mereka juga diwakili oleh avatar buatan mereka sendiri.

Aplikasi Web.Alive tersebut sebenarnya dibuat oleh tim teknologi Nortel yang mengembangkan perangkat lunak aplikasi dunia web yang dilengkapi visual 3 dimensi. Teknologi yang dikaitkan dengan keunggulan web 2.0 ini membuka dimensi baru sebuah kolaborasi bisnis.

Web.Alive, tersedia untuk keperluan bisnis yang menuntut integrasi dengan system perusahaan yang telah lebih dahulu ada seperti CRM (Customer Relation Manager), Call center, direktori perusahaan dan system IT untuk identitas, konteks dan keamanan. Platform ini memberi pengalaman baru berkomunikasi yang lebih interaktif, mengikat dan terintegrasi dibandingkan dengan pendekatan teknologi lama seperti misalnya telekonferensi yang kurang produktif.

Web.Alive dapat ditambahkan dengan koneksi kepada website perusahaan sehingga avatar yang melayani konsumen tidak hanya berinteraksi satu sama lain tetapi juga dapat berinteraksi dengan avatar perusahaan yang melayani pembelian, melakukan demonstrasi produk dan menyelesaikan masalah-masalah lainnya.

Pelaku bisnis dapat memperluas koneksi web alive kepada jaringan kerja perusahaan dan program perusahaan yang telah ada, termasuk Customer Relation Manager dan perangkat lunak ‘Project Management’. Jadi penghematan biaya perjalanandengan memungkinkan karyawan berkolaborasi dalam virtual lokasi di waktu yang sama dengan menggunakan web.alive.

Sebenarnya pemanfaatan web alive tidak hanya sampai disitu. Pemanfaatan lainnya adalah e-commerse. Sehingga dapat digunakan sebagai platform kegiatan transaksi pembelian atau belanja yang dilakukan dengan bantuan atau secara social. Selain itu dapat dimanfaatkan untuk membentuk kolaborasi dalam sebuah rapat, pertemuan informasi dan tukar pikiran baik secara internal perusahaan maupun dengan konsumen dan mitra bisnis. Juga dapat dijadikan media pelatihan jarak jauh atau untuk percobaan berbahaya atau untuk mempelajari scenario kasus yang mahal untuk direplikasi.


No comments: