Jun 26, 2009

Compression

1. 7ZIP 4.23 [1.04MB] http://www.7-zip.org
Software kompresi yang satu layak dicoba karena selain gratis juga memiliki segudang kemampuan yang hebat. Dengan format kompresinya sendiri 7z, dikatakan bahwa file sampai sebesar 16000000 TB dapat diatasi. Hal ini dapat terjadi karena diklaim bahwa 7ZIP memiliki rasio yang lebih baik dengan metode kompresi LZMA. Bahkan mereka menjamin kalau hasil kompresi 7ZIP memiliki rasio 2%-10% lebih tinggi dibanding dengan Winzip maupun PKZip. LZMA yang merupakan penyempurnaan dari algoritma LZ77 juga dapat melakukan enkripsi AES 256bit.

2. ALZIP 5.52 [1.8MB] http://www.altools.com
Alzip merupakan sebuah software kompresi yang cukup tangguh. 35 jenis extensions dapat dibaca oleh software ini. Sementara itu format file yang dapat dibuatnya sampai 8 jenis, termasuk di dalamnya format open source seperti .tar dan .tgz, selain 2 format tersebut format lainnya yaitu .zip, .lzh, .cab, .jar, .bh dan formatnya sendiri .alz. Fungsi lainnya yang cukup menarik yaitu membuat file image .iso, file virtual cd dengan format lcd juga didukung. Kecepatan dalam proses kompresi juga lumayan.

3. IZArc 3.5 Beta3 [3.1MB] http://www.izarc.org
Salah satu compression tool yang baik dengan dukungan format sampai 48 tipe file terkompresi. Dapat membuat file archive dalam 8 jenis format yaitu: ZIP, CAB, BH, JAR, LHA, 7-ZIP, BGA dan YZ1. Berbagai fitur lainnya seperti convert archive, convert cd image, UU/XX/MIME Encode,, dukungan terhadap encryption file dengan standar 256bit encryption, membagi sebuah archive menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, convert file SFX. Salah satu yang cukup menarik yaitu adanya pilihan bahasa Indonesia.

4. ZipGenius 6 [5.06MB] http://www.zipgenius.it
ZipGenius hadir dengan tampilan utama yang mirip tampilan Windows Xp. Tampilan “Windows Xp” tersebut masih dapat kita ubah. Terdapat 12 jenis format kompresi yang dapat dibuat salah satunya format 7z serta 23 jenis yang dapat dibaca. Tersedia juga paket kompresi RPM yaitu standar paket pada Linux oleh RedHat. Kelemahannya yaitu pada rasio kompresi yang kecil terutama pada file berformat seperti .Jpg.


No comments: