Jun 26, 2009

Internet Tools

1. Mozilla Firefox 1.5 [4.98MB] http://www.mozilla.org
Datang dengan update terbaru membuatnya semakin stabil, tangguh, kompatibel dengan extension, skin dan fungsinya. Browser ini tentu sudah tidak asing bagi kita semua. Inilah salah satu browser yang dapat dibandingkan kemampuannya dengan Internet Explorer(IE) milik Microsoft, bahkan konon kinerja yang dihasilkan browser yang satu ini dalam meload webpage melebihi kinerja yang ditunjukkan oleh IE. Beberapa kelebihannya browser ini seperti tabbed browsing, built in pop-up blocker yang efektif, adanya themes yang dapat kita download untuk mempercantik tampang dari browser ini. Selain itu juga terdapat extensions yang begitu banyak yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan performanya misalnya CookieCuller yang digunakan untuk memanage cookie, serta download manager yang sudah terinstall ketika kita menginstall browser ini.

2. Opera 8.5 [3.6MB] http://www.opera.com
Opera adalah salah satu browser yang dapat kita gunakan dalam menjelajahi dunia internet yang begitu luas. Kemampuan yang dimilkinya tidak kalah dibandingkan IE maupun Firefox seperti pemakaian resource yang relatif kecil jika dibandingkan dengan IE. Opera juga menyertakan mail client, chat client, RSS newsfeeder sebagai tools tambahan yang tentunya menarik untuk dicoba. Terdapat juga fungsi tab browse di mana kita dapat membuka page baru dalam satu window secara bersamaan yang dapat membuat area taskbar tampak lebih lega.

3. Mozilla Thunderbird 1.0.7 [5.7MB] http://www.mozilla.org
Thunderbird email client adalah email client yang dapat disejajarkan fungsinya dengan email client milik Microsoft yaitu Microsoft Outlook. Kemampuan yang ditawarkan software yang satu ini meliputi penyaringan terhadap junk mail, kompatibilitas terhadap RSS feeds, dukungan terhadap forwat HTML, multiple identities, layanan account email berbasiskan POP dan IMAP juga disupport, dan kompatibilitas serta dukungan terhadap Microsoft Exchange Server.

4. ICQ 5.04 [8.4MB] http://www.icq.com
Salah satu dari 3 messenger populer saat ini. Penggunaannya sedikit berbeda dengan messenger pada umumnya terutama dalam penamaan user yang menggunakan nomor yang dikenal dengan ICQ Number. Salah satu feature terbarunya yaitu XTraz yang meliputi online game, pengiriman kartu ucapan, dan sebagainya. Pada versi terbaru ini juga sudah mendukung avatar yang disebut ICQ Devils yang terdiri dari ICQ Devils, Animated Devils, My Photos, My Factory Devils. Juga ada feature sms melalui handphone, belum ada informasi yang pasti apakah feature ini gratis apa tidak.

5. MSN Messenger 7.5.0324 [2.3MB-18.8MB] http://www.messenger.msn.com
Versi paling baru ini meliputi perbaikan bug, celah keamanan serta penambahan fitur Nudges dan Winks, yang dapat membantu untuk mendapatkan perhatian dari seseorang Messenger buatan Microsoft ini sebagai salah satu pesaing terkuat Yahoo! Messenger. Messenger ini mempunyai fungsi standar seperti software messenger umumnya seperti emoticon, upload foto, pengelompokkan teman dsb. Fitur lain yang cukup menarik yaitu winks, mobile user, animation avatar, online game yang cukup menarik untuk dicoba.

6. Trillian 3.1 Basic [2.9MB] http://www.ceruleanstudios.com
Software ini memiliki fungsi utama untuk menggabungkan beberapa messenger sekaligus. Adapun messenger yang didukungnya yaitu Yahoo! Messenger, MSN Messenger, ICQ, mIRC, dan AIM. Feature yang disediakan seperti video conference, voice chat, sms support, file transfer, update plug-in, pilihan emoticons yang beragam, daftar contact yang dibagi-bagi berdasarkan warna yang berbeda untuk masing-masing messenger. Beberapa kelemahan software ini yakni hilangnya beberapa feature standar messenger seperti feature avatar serta emoticons.

7. Yahoo! Messenger 7.0 [8.2MB] http://www.messenger.yahoo.com
Yahoo! Messenger dapat dikatakan sebagai messenger yang paling laku di antara berbagai messenger yang ada. Bagaimana tidak, lihat saja dari feature-feature yang disajikan olehnya. Mulai dari avatar yang dapat mengcustomise character dari ujung rambut-ujung kaki, emoticon/emotion icon yang sangat variatif, animasi dengan adanya suara, pengelompokkan berdasarkan status teman, fasilitas transfer file dengan briefcase 30MB. Bahkan pada versi terbaru ini terdapat fungsi VOIP yang dapat mendukung penggunaan webcam untuk panggilan video dan Yahoo 360 yang menghubungkan penggunanya ke site pencari teman seperti Friendster.

8. Google Talk [910KB] http://www.google.com/talk
Sama seperti Skype, tetapi Google Talk lebih dikhususkan bagi mereka yang memiliki account gmail. Tinggal sediakan speaker, mic, koneksi internet dan yang terpenting teman yang juga memiliki account gmail dan juga Google Talk anda dan teman anda. Software ini mendukung sistem komunikasi standar sehingga dapat diakses lewat client lain yang sudah mendukung protocol XMPP contohnya Trillian, GAIM, iChat, Adium, dan lainnya. Software ini juga bersih dari pop-up ataupun iklan.

9. Skype 2.0.0.69 [9.5MB] http://www.skype.com
Update terbaru dari Skype diikuti dengan penambahan fitur Skype Video, filter untuk contact dan history, menyimpan otorisasi pengguna, perubahan tampilan, perbaikan pada bagian voicemail, kebocoran memory, kesalahan avatar dan tampilan profile. VOIP (Voice Over Internet Protocol) sudah menjadi trend baru dalam berkomunikasi di dunia maya internet, anda dapat bertelefon ria dengan siapa saja dimanapun ia berada sepanjang terhubung ke internet dan menggunakan software ini juga. Untuk itulah Skype diciptakan, selain itu Skype juga mampu melakukan pemberitahuan status pada halaman web, melakukan call forwading, auto responder, synchronized web browsing, fungsi messenger dan sebagainya. Software ini juga dapat ditambah plugins yang membuatnya semakin tangguh.

10. BitMeter 3.1.1 [636KB] http://www.codebox.no-ip.net
Jika berniat melihat ataupun memonitor jalur bandwith internet, maka software ini dapat menjadi salah satu pilihan. BitMeter dapat melalukan monitoring terhadap koneksi internet secara real time yang meliputi traffic upload maupun download yang sedang berjalan dalam bentuk grafik. Selain itu, juga dapat disetting alert yang akan memberikan peringatan jika traffic upload dan download melebihi batas tertentu. Tersedia juga fungsi stopwatch.

11. Browster 1.0.42 [585KB] http://www.browster.com
Software ini dapat dikatakan sebagai plugin kecil pada IE. Setelah diinstall, software ini akan langsung terintegrasi dengan sendirinya dengan IE. Maka di IE akan muncul sebuah icon kecil berbentuk persegi, icon ini akan selalu muncul ketika kita meletakkan pointer mouse di atas sebuah link. Ketika kita menyorot icon tersebut maka akan muncul sebuah jendela pop-up yang menampilkan isi dari link tersebut.

12. DialupMon 1.4.1.0 [556KB] http://www.skynergy.com
Software ini berfungsi sebagai alarm bagi koneksi internet secara dial up. Pertama kita setting lamanya waktu untuk sebelum memutuskan koneksi internet yang sedang aktif. Setelah itu, software akan mencari apakah ada koneksi yang sedang aktif, bila ada maka akan dilakukan countdown sesuai waktu yang telah dilakukan. Setelah hitungannya habis maka akan ditanyakan apakah dilakukan pemutusan koneksi atau tidak.

No comments: