Jul 21, 2009

DAVID DAN GOLIATH: FAKTA ATAU DONGENG?

Suatu artefak kecil ditemukan oleh tim arkeologi dari Universitas Bar-Lian di Israel. Tampaknya itu bias menjadi kunci pembuka dari kisah legenda Goliath yang termuat dalam kitab Bibel. Keramik kecil yang digali di Tell es-Safi lokasi yang disebut dalam Bibel sebagai kota “Gath of the Philistines”, berisi catatan Philistines yang pernah ditemukan oleh para ahli.

Jerusalem Post melaporkan bahwa catatan itu menyebutkan tentang dua nama yang mirip dengan nama “Goliath”. Penemuan itu menarik perhatian karena Bibel mengidentifikasi Gath sebagai kampung halaman Goliath, Profesor Aren Maeir, ketua Departemen Israel Studi dan Arkeologi, mengatakan kepada harian tersebut bahwa tidak ada hambatan untuk membuktikan keberadaan Goliath bila mengacu pada Bibel.

Goliath merupakan kisah sangat popular pada masa-masa itu. “bukti-bukti arkeologi kemungkinan akan membuktikan bahwa peperangan antara David dan Goliath lebih dari sekedar legenda”, tambah Maeir.

Legenda David membunuh raksasa Goliath adalah legenda yang ditulis sejak berabad-abad lalu. Tapi bukti-bukti arkeologi masih terus diteliti oleh para ahli hingga saat ini untuk membuktikan kesahihannya sebagai suatu fakta daripada sekedar kisah dari sebuah kitab suci.

Nah, para sobatku tercinta… Tulisan diatas adalah versi kitab Bibel, dan sekarang bagaimana dengan versi Islam? Disini saya hanya mengkaji sedikit dan tidak banyak, karena saya juga Cuma tahunya sedikit tentang cerita David dan Goliath. Sebenarnya cerita ini terjadi pada zaman Nabi Daud AS, yang pada saat itu terjadi peperangan besar. Beberapa pasukan diutus untuk mengalahkan pasukan perang yang salah satunya adalah raksasa (saya lupa namanya). Dari sekian banyak pasukan, tidak ada yang berhasil mengalahkannya. Saat itu muncullah Nabi Daud as yang bisa dibilang masih tergolong muda. Dia siap pergi ke medan perang untuk mengalahkan pasukan raksasa itu. Dengan bermodalkan katapel (Anda tahu kan senjata apa ini?) Nabi Daud dengan gagah berani berperang melawan raksasa itu. Nah, karena dia adalah salah satu manusia pilihan Allah SWT yang diangkat menjadi Nabi pada zamannya, akhirnya Nabi Daud berhasil mengalahkan raksasa itu hanya dengan menggunakan katapel. Dan akhirnya Nabi Daud diangkat menjadi menantu dan terakhir menjadi raja.

Anda tahukan Nabi Sulaiman as? Sudah tentu Anda pernah mendengar ceritanya… Dia adalah anak Nabi Daud as yang juga diangkat oleh Allah SWT menjadi Nabi dan memiliki kekayaan tiada taranya pada zamannya. Nabi Daud as dan Nabi Sulaiman as memiliki mukjizat masing-masing. Nabi Daud as bisa melunakkan benda padat (besi, baja, dan lain-lain) dan apabila Beliau mengaji maka apapun yang ada disekitarnya akan berhenti. Sedangkan Nabi Sulaiman as memiliki mukjizat bisa mengendalikan awan, angin, jin dan makhluk halus lainnya. Sehingga manusia terus saja mencari dan mencari cincin Nabi Sulaiman yang konon katanya cincin itulah yang mengendalikan semua jin dan makhluk halus, karena ditengah-tengah batu cincin itu bertuliskan lafazh Allah SWT. Wallahua’lam… hanya Allah SWT yang tahu mengenai yang ghaib.

Untuk saat ini saya hanya ingin mengajak saudara-saudara seiman untuk berjihad di jalan Allah SWT. Anda tidak perlu berperang untuk berjihad, anda cukup memulainya dari hal-hal yang kecil dulu di sekitar kita dan itu merupakan jihad juga. Contohnya apabila ada wanita atau teman kita berpakaian kurang sopan kita menasehatinya, dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang merupakan awal kita berjihad di jalan Allah SWT. Karena saya yakin sebentar lagi kiamat akan tiba sesuai dengan Janji Allah SWT kepada kita. Sudah banyak bukti yang saya lihat saat ini, maka perbanyaklah mendekatkan diri kepada-Nya karena hanya amal perbuatan baik kita yang akan menolong kita pada persidangan Allah SWT si akhirat kelak.

Semoga saya dan para saudara seiman termasuk orang-orang yang shaleh di hadapan Allah SWT. Amin Yaa Rabbal Alamin..

No comments: