Jul 21, 2009

SUDAHKAH ANDA MENJADI ISTERI IDEAL?

Jangan hanya menyalahkan suami bila dia kepincut wanita lain, atau malah punya niat berpoligami. Coba dulu koreksi diri Anda. Sudahkan Anda menjadi istri yang ideal dimata suami? Nah, berikut ini beberapa criteria istri ideal…

1.Selalu menjaga kebersihan

Istri ideal adalah istri yang selalu berusaha menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri sendiri, suami, anak-anak, maupun rumah tempat tinggalnya.

Kebersihan lebih kekal daripada kecantikan. Ini yang harus dicamkan oleh setiap istri. Karena istri yang tidak lagi memperhatikan kebersihan jelas akan membuat suami bosan dan tidak betah di rumah, bahkan tak menutup kemungkinan suami akan lari mencari tempat lain yang bersih, apik, dan asri. Bukankah pepatah mengatakan bahwa: “Kebersihan sebagian dari iman”.

2.Taat kepada suami

Istri ideal akan selalu taat dan patuh kepada suaminya, kecuali dalam kemaksiatan. Perintah berbuat maksiat, meskipun datangnya dari suami wajib ditolak, bahkan istri bertanggung jawab memberikan teguran secara lemah lembut kepada suaminya.

3.Menjadi pendidik anak-anak

Istri ideal akan mengasuh dan mendidik sendiri anak-anak mereka, tidak menyerahkan kepada orang lain. Berusaha mendidik anak-anak mereka agar berperangai baik. Tugas mulia ini merupakan bagian dari misi wanita dalam membangun masyarakat.

“Wanita (istri) adalah pemimpin yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya”. “Ibu adalah sekolahan utama untuk mempersiapkan bangsa yang sebaik-baiknya”. Dengan kata-kata mutiara yang dikatakan penyair An-Nail yang pantas menjadi kajian tiap ibu rumah tangga.

4.Sabar, dan menerima apa adanyas

Istri ideal akan merasa cukup senang dengan pemberian suaminya. Dia tidak akan menuntut banyak suaminya untuk melakukan hal-hal diluar kemampuan sang suami. Untuk itu dituntut kepandaian istri untuk mengatur kebutuhan rumah tangga, sehingga apa yang diberikan suami akan cukup.

Para istri rasanya wajib menyimak tata karma wanita yang amat luhur ketika mengantar suami yang akan ke luar rumah mencari nafkah dengan perkataan ini; “Janganlah mencari harta yang haram. Sungguh kami sabar menderita kelaparan. Tetapi kami tidak sabar hidup dalam neraka”.
5.Pandai menjaga perasaan suami.

Seorang istri ideal adalah istri yang berakhlak baik, selalu tampil baik dalam setiap kesempatan. Bertutur kata yang dapat menyenangkan hati suami, tidak pernah menampakkan kesedihan dan kepahitan hidup, semua dihadapi dengan tutur halus dan senyum yang manis menawan. Dia harus menunjukkan perilaku yang lemah lembut, penuh cinta dan hormat kepada suami.

6.Pandai bersyukur

Istri ideal akan selalu berterima kasih atas apa yang telah dilakukan suaminya. Ini akan menumbuhkan rasa cinta dan dorongan bagi suami untuk berbuat lebih baik lagi bagi keluarganya. “Wanita yang paling baik adalah wanita yang jika diberi berterima kasih, tetapi jika tidak diberi bersabar”. Demikian sebuah fatwa luhur.

No comments: